IMK: Antarmuka Berbasis Menu

 

A.    Antarmuka

Antarmuka sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna, dan fungsi user interface yaitu untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan.

B.    Menu

Menu adalah sekumpulan pilihan yang di tampilkan pada layar, setiap menu mewakili sebuah perintah yang memiliki tujuan menciptakan organisasi menu yang pantas, mudah dipahami, mudah diingat dan tepat sesuai dengan tugas pengguna.

Jenis-jenis menu:

1)     Organisasi menu berbasis tunggal

a.      Single menu



b.     Sequential linear menu



c.      Simultaneous menus



d.     Hierarchical or sequential menu



e.      Connected menu



2)     Menu tunggal

Menu tunggal memungkinkan pengguna untuk memilh satu dari dua pilihan, atau sejumlah pilihan yang tersedia.

a.      Menu biner

Digunakan untuk memilih dari dua menu yang tersedia



b.     Menu tunggal banyak pilihan

Merupakan variasi dari menu biner yaitu memiliki lebih dari dua pilihan.



·       Menu datar

Merupakan menu berbasis teks konvensional dengan semua menu tersedia ditampilkan di layar.

·       Menu Tarik (Pull Down Menu)

Memiliki banyak pilihan, tetapi karena keterbatasan ruang pilihan yang ada hanya terlihat pada saat menu utamanya di klik, menu ini pertama kali diperkenalkan oleh Xerox Star, Apple Lisa dan Apple Macintosh.



·       Menu berbasis ikon dan toolbar

Pada menu ini, pilihan dinyatakan sebagai suatu icon atau toolbar tertentu.



·       Menu dengan pilihan panjang

Menu ini memiliki piihan yang panjang, jadi tidak mungkin ditampilkan seluruhnya, sehingga menu biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kategori dan biasanya diimplementasikan dalam bentuk struktur pohon. Macam-macam menu denngan pilhan panjang dintaranya:

-        Menu gulung

Sejumlah pilihan ditampilkan sesuai dengan ukuran daerah kerja tampilan yang dapat digunakan, dan diurutkan secara alfabetis. Contoh: menu font pada Ms.Word



-        Menu kombo

Kotak kombo:



-        Menu mata ikan

Semua pilihan ditampilkan, kecuali untuk pilihan yang letaknya jauh dari posisi kursor akan ditampilkan dengan font/icon berukuran kecil, sementara yang dekat dengan kursor akan ditampilkan dengan font/icon berukuran normal.

-        Penggeser

Digunakan jika harus memilih nilai yang terletak diantara dua batas. Contoh: menu zoom in dan zoom out pada Ms.Word.



-        Menu dua dimensi

Pilihan yang tersedia disusun menjadi sejumlah baris dan kolom seperti sebuah tabel, biasanya digunakan pada perancangan situs web dan untuk untuk mengurangi proses penggulungan layer karena jumlah menu yang banyak.



·       Menu dengan hotlink tertanam

Menu yang dapat ditambahkan sendiri oleh pengguna suatu aplikasi, menu ini banyak dijumpai di situs website yang tujuannya untuk membawa pengguna ke informasi tertentu. Contoh: Wikipedia.



·       Menu breadcumb

Menu dengan tujuan membantu pengguna menavigasi dirinya ke ruang informasi yang tersedia, seringkali digunakan menu breadcumb.



3)     Kombinasi banyak menu

a.      Menu linear dan Menu serempak

Menu disusun secara linear untuk membantu pengguna dalam mengambil keputusan secara bertahap. Contoh: saat pengguna memilih pakaian, harus memilih dulu ukuran, warna dll.



b.     Menu berstruktur pohon

Menu disusun dan dikelompokkan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

c.      Peta situs

Digunakan untuk membantu pengguna mengetahui secara keseluruhan ruang informasi yang tersedia.



d.     Jaring menu tak berputar

C.    Cara Mengorganisir Pilihan

1)     Pengelompokan berbasis tugas

·       Satukan ilihan-pilihan yang secara logis serupa. Contoh: kelompok alamat.

Ø  Tingkat 1: Nama Provinsi

Ø  Tingkat 2: Nama Kota

Ø  Tingkat 3: Nama Kabupaten

·       Kelompokkan berdasarkan nilai tertentu. Contoh: kelompok umur

Ø  0 – 9

Ø  10 – 19

Ø  > 20

·       Pastikan pilihan tidak saling tumpeng tindih. Contoh: penggunaan kalimat

Ø  “Hiburan” dan “Peristiwa” lebih membingungkan

Ø  “Konser” dan “Olahraga” tidak membinugkan

·       Gunakan istilah yang sederhana dan pastikan antara pilihan harus berbeda. Contoh:

Ø  Penggunaan istilah “Pagi” dan “Malam” diganti dengan istilah AM dan PM

2)     Pengurutan penyajian pilihan

·       Dasar pengurutan

Ø  Waktu (urutan kronologis)

Ø  Urutan numerik (ascending/descending)

Ø  Sifat fisik (panjang, luas, lebar, dll)

·       Dasar kemungkinan pengurutan

Ø  Pilihan paling penting ditelakkan urutan pertama

Ø  Pilihan paling sering digunakan diletakkan urutan pertama

Ø  Kelompok dari sejumlah pilihan terkait (dipisahkan dengan baris kosong dll)

Ø  Urutkan secara alfabetis

 

Referensi:

Pengertian dan Fungsi User Interface dari Pengertian dan Fungsi User Interface (Antar Muka Pengguna) Pada Komputer Lengkap (pro.co.id)

Antarmuka berbasis menu dari Pertemuan 8.ppt - Antarmuka Berbasis Menu BAB VI 1 Antarmuka Berbasis Menu Menu adalah sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap | Course Hero

Comments

Popular posts from this blog

IMK: Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi

IMK: Kebergunaan (Usability)