IMK: Antarmuka Berbasis Menu
A.
Antarmuka
Antarmuka sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan
pengguna, dan fungsi user interface yaitu untuk menghubungkan antara pengguna
dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan.
B.
Menu
Menu adalah sekumpulan pilihan yang di tampilkan pada layar, setiap menu
mewakili sebuah perintah yang memiliki tujuan menciptakan organisasi menu yang pantas, mudah dipahami, mudah diingat
dan tepat sesuai dengan tugas pengguna.
Jenis-jenis menu:
1)
Organisasi menu berbasis
tunggal
a.
Single menu
b.
Sequential linear menu
c.
Simultaneous menus
d.
Hierarchical or sequential menu
e.
Connected menu
2)
Menu tunggal
Menu tunggal memungkinkan
pengguna untuk memilh satu dari dua pilihan, atau sejumlah pilihan yang
tersedia.
a.
Menu biner
Digunakan untuk memilih dari dua menu yang tersedia
b.
Menu tunggal banyak pilihan
Merupakan variasi dari menu biner yaitu memiliki lebih dari dua pilihan.
·
Menu datar
Merupakan menu berbasis teks konvensional dengan semua menu tersedia ditampilkan di layar.
·
Menu Tarik (Pull Down Menu)
Memiliki banyak pilihan, tetapi karena keterbatasan ruang pilihan yang
ada hanya terlihat pada saat menu utamanya di klik, menu ini pertama kali
diperkenalkan oleh Xerox Star, Apple Lisa dan Apple Macintosh.
·
Menu berbasis ikon dan toolbar
Pada menu ini, pilihan dinyatakan sebagai suatu icon atau toolbar
tertentu.
·
Menu dengan pilihan panjang
Menu ini memiliki piihan yang panjang, jadi tidak mungkin ditampilkan seluruhnya, sehingga menu biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kategori dan biasanya diimplementasikan dalam bentuk struktur pohon. Macam-macam menu denngan pilhan panjang dintaranya:
-
Menu gulung
Sejumlah pilihan ditampilkan sesuai dengan ukuran daerah kerja tampilan
yang dapat digunakan, dan diurutkan secara alfabetis. Contoh: menu font pada Ms.Word
-
Menu kombo
Kotak kombo:
-
Menu mata ikan
Semua pilihan ditampilkan, kecuali untuk pilihan yang letaknya jauh dari posisi kursor akan ditampilkan dengan font/icon berukuran kecil, sementara yang dekat dengan kursor akan ditampilkan dengan font/icon berukuran normal.
-
Penggeser
Digunakan jika harus memilih nilai yang terletak diantara dua batas. Contoh:
menu zoom in dan zoom out pada Ms.Word.
-
Menu dua dimensi
Pilihan yang tersedia disusun menjadi sejumlah baris dan kolom seperti
sebuah tabel, biasanya digunakan pada perancangan situs web dan untuk untuk
mengurangi proses penggulungan layer karena jumlah menu yang banyak.
·
Menu dengan hotlink tertanam
Menu yang dapat ditambahkan sendiri oleh pengguna suatu aplikasi, menu
ini banyak dijumpai di situs website yang tujuannya untuk membawa pengguna ke
informasi tertentu. Contoh: Wikipedia.
·
Menu breadcumb
Menu dengan tujuan membantu pengguna menavigasi dirinya ke ruang
informasi yang tersedia, seringkali digunakan menu breadcumb.
3)
Kombinasi banyak menu
a.
Menu linear dan Menu serempak
Menu disusun secara linear untuk membantu pengguna dalam mengambil
keputusan secara bertahap. Contoh: saat pengguna memilih pakaian, harus memilih
dulu ukuran, warna dll.
b.
Menu berstruktur pohon
Menu disusun dan dikelompokkan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
c.
Peta situs
Digunakan untuk membantu pengguna mengetahui secara keseluruhan ruang
informasi yang tersedia.
d.
Jaring menu tak berputar
C.
Cara Mengorganisir
Pilihan
1)
Pengelompokan berbasis
tugas
·
Satukan ilihan-pilihan yang secara logis serupa. Contoh: kelompok
alamat.
Ø
Tingkat 1: Nama Provinsi
Ø
Tingkat 2: Nama Kota
Ø
Tingkat 3: Nama Kabupaten
·
Kelompokkan berdasarkan nilai tertentu. Contoh: kelompok umur
Ø
0 – 9
Ø
10 – 19
Ø
> 20
·
Pastikan pilihan tidak saling tumpeng tindih. Contoh: penggunaan kalimat
Ø
“Hiburan” dan “Peristiwa” lebih membingungkan
Ø
“Konser” dan “Olahraga” tidak membinugkan
·
Gunakan istilah yang sederhana dan pastikan antara pilihan harus
berbeda. Contoh:
Ø
Penggunaan istilah “Pagi” dan “Malam” diganti dengan istilah AM dan PM
2)
Pengurutan penyajian
pilihan
·
Dasar pengurutan
Ø
Waktu (urutan kronologis)
Ø
Urutan numerik (ascending/descending)
Ø
Sifat fisik (panjang, luas, lebar, dll)
·
Dasar kemungkinan pengurutan
Ø
Pilihan paling penting ditelakkan urutan pertama
Ø
Pilihan paling sering digunakan diletakkan urutan pertama
Ø
Kelompok dari sejumlah pilihan terkait (dipisahkan dengan baris kosong
dll)
Ø
Urutkan secara alfabetis
Referensi:
Pengertian dan Fungsi User Interface dari Pengertian
dan Fungsi User Interface (Antar Muka Pengguna) Pada Komputer Lengkap
(pro.co.id)
Antarmuka berbasis menu dari Pertemuan
8.ppt - Antarmuka Berbasis Menu BAB VI 1 Antarmuka Berbasis Menu Menu adalah
sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap | Course Hero
Comments
Post a Comment