IMK: Ragam Dialog
Tahukah anda tentang dialog?
Secara umum, dialog adalah proses
komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan
agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis.
Sedangkan dalam Interaksi Manusia dan Komputer, ragam dialog adalah cara pengorganisasian berbagai teknik dialog interaktif yang
memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dengan komputer.
Tujuan diadakannya ragam dialog adalah untuk menyajikan dan mendiskusikan
berbagai teknik dialog yang ada serta untuk mengidentifikasikan beberapa
kekuatan dan kelemahan dari setiap teknik dialog yang akan disajikan.
Sifat-sifat penting ragam dialog
1. Inisiatif
Dapat menentukan tipe pengguna yang dituju
oleh system yang dibangun, ada dua macam inistaif, yaitu:
Ø Inisiatif oleh komputer -> pengguna
memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan computer.
Ø Inisiatif oleh pengguna -> pengguna
memahami sekumpulan perintah dengan sintaks tertentu.
2. Keluwesan
System harus menyesuaikan diri dengan keinginan
pengguna. Selain itu, keluwesan juga memberi kesempatan pada pengguna untuk mengotak-atik
system.
3. Kompleksitas
Pengguna tidak perlu menggunakan atau
membuat antarmuka lebih dari apa yang diperlukan.
4. Kekuatan
Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh system
untuk setiap perintah yang diberikan pengguna.
5. Beban informasi
Penyajian informasi harus disesuaikan denga
naras pengguna.
6. Konsistensi
Konsistensi bukan berarti harus sama.
a. Layout
Konsistensi menggunakan tampilan, sehingga pengguna tahu dimana untuk
melihat intruksi, pesan error, dan status suatu informasi.
b. Information koding
-
Warna
-
Highlighting
c. Command
-
Penggunaan perintar/intruksi
-
Stantard key binding (contoh: Ctrl+C selalu digunakan
untuk Copy)
-
Syntax
d. Format data entry
7. Umpan balik
Setiap aksi dari pengguna harus menghasilkan suatu respon yang dapat
diterima dengan baik oleh pengguna. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketidakpastian/keraguan pengguna bahwa sistem:
-
Menerima input yang terakhir
-
Sedang mengerjakan input yang diberikan
-
Sedang menunggu input berikut
Instruksi atau perintah harus menghasilkan suatu perubahan yang
nampak pada interface
Misal: ‘mail has been sent’ saat merespon ‘Send’
Menunjukkan suatu perubahan status objek yang merupakan refleksi
perintah pengguna.
8. Observabilitas
Berfungsi secara benar dan namak sederhana.
9. Kontrolabilitas
System selalu berada di bawah control pengguna.
10. Efisiensi
Sangat penting jika berpengaruh pada waktu
tanggap atau laju penampilan sistem, seringkali dengan menggunakan hasil
teknologi baru.
11. Keseimbangan
Keseimbangan yang harus ada dari perbedaan
antara manusia dan komputer.
Ragam dialog interaktif
1. Dialog berbasis perintah tunggal
Merupakan ragam dialog yang paling konvensional.
Keuntungan:
Cepat, efisien, akurat, ringkas, luwes,
inisiatif oleh pengguna dan appealing.
Kerugian:
Memerlukan pelatihan yang lama, membutuhkan
penggunaan yang teratur,beban ingatan yang tinggi, buruk dalam menangani
kesalahan.
2. Dialog berbasis bahasa pemrograman
Memungkinkan pengguna untuk mengemas
sejumlah perintah ke dalam suatu berkas (batch file). Dan pengguna tidak harus
menggunakan salah satu bahasa pemrograman baik rendah maupun yang tinggi.
3. Antarmuka berbasis bahasa alami
Komunikasi antara manusia dengan komputer lewat
bahasa yang sederhana dan jelas.
Keuntungan:
Tidak memerlukan sintaks khusus, luwes dan
powerful, alamiah, merupakan inisiatif campuran.
Kerugian:
Mempunyai dualism, tidak persis,
bertele-tele, opaque, perancangan perangkat lunak yang rumit, tidak efisien.
4. Sistem menu
Piliha yang tepat untuk menunjukkan
kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada
pengguna.
Dua jenis sistem:
1) Sistem menu datar: semua menu ditampilkan
secara lengkap.
2) Sistem menu tarik: pilihan ditampilkan
dalam kelompok tertentu.
5. Antarmuka berbasis icon
Sering memanfaatkan simbol-simbol dan
tanda-tanda dari kehidupan sehari-hari untuk memberitahukan kepada pengguna akan
kemampuan dan fasilitas yang dimiliki suatu program.
Contoh: icon tempat sampah untuk menghapus
file/data.
6. Manipulasi langsung
·
Control proses
·
Editor teks
·
Simulator
·
Control lalu lintas
·
Perancangan bentuk/model
7. Antarmuka berbasis interaksi grafis
Agak susah dibedakan dengan manipulasi
langsung. Secara umum keuntungan dan kerugian Teknik antarmuka berbasis
interaksi grafis sama dengan keuntungan dan kerugian menggunakan manipulasi
langsung.
8. Dialog berbasis pengisian borang
Suatu penerapan dari aktifitas pengisian borang
dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang
yang ada di layar komputer/media yang mereka gunakan.
Conth: mengisi form log in/sign up.
9. System penjendelaan (windows system)
Secara umum yang disebut dengan jendela (window)
adalah bagian darilayar yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi. Maka,
Sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yangmemungkinkan pengguna untuk
menampilkan berbagai informasi baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama
ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.
Referensi:
Rifai, Endi. Ragam Dialog dalam IMK.
Diakses dari: (1) A. RAGAM DIALOG DALAM IMK | Endi Rifai -
Academia.edu
Hardiani, Tikaridha. 2022. Interaksi
Manusia dan Komputer Ragam Dialog. Modul teori Interaksi Manusia dan
Komputer. Yogyakarta. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Ragam Dialog Interaksi Manusia dan Komputer
(pendidikanmu.com)
Comments
Post a Comment