IMK: Manipulasi Langsung

Manipulasi langsung yaitu penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan untruksi langsung yang ada pada layer komputer.

Manipulasi langsung (direct manipulation) mengacu pada sistem yang mengunakan Ikon untuk merepresentasikan obyek, yang bisa digerakkan di layar melalui kursor yang dikendalikan melalui mouse.

Ciri dari manipulasi langsung:

1.      Representasi visual (metafora) dari dunia aksi

·        Objek dan aksi terlihat

·        Mengundang pemikiran analogis

2.      Aksi yang cepat, inkremental, dan dapat dibatalkan

3.      Mengeik diganti dengan menunjuk dan memilih

4.      Hasil aksi terlihat langsung

Beberapa contoh manipulasi langsung, diantaranya:

1)     Word processor vs command-line vs display editor

·        Pada 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris.

·        Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.

·        Awal 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan.

·        Beberapa kelebihan WYSIWYG word processor:

o   Menampilkan sehalaman penuh teks.

o   Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.

o   Menampilkan aksi kursor yang terlihat.

o   Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif

o   Menggunakan ikon berlabel.

o   Menampilkan hasil aksi segera.

o   Memberikan respons dan tampilan yang cepat.

o   Memungkinkan aksi dibatalkan.

2)     Spreasheet

·        Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris.

·        Mendukung formula, makro, dan grafik

·        Contoh: VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

3)     Video games dan GUI

·        Bidang aksi visual yang membangkitkan minat.

·        Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat.

·        Game komersial pertama:Pong(Atari).

·        Kini berkembang pada PC maupun mesin game seperti Sony Playstation, bahkan handphone.

4)     Control process

Contoh: Kita lihat dalam sebagian proses produksi mobilmenggunakan bantuan lengan lengan robot.Sedikitperan manusa disitu. Di bagian lain ada robot untukpengecatan body mobil, pengelasan, untukmemindahkan satu kerangka mobil ke tempatproduksi lain menggunakan Conveyor yang jugaotomatis. Semua itu gambaran Otomatisasi Industriyang menjadi lahan pekerjaan seorang SarjanaTeknik Otomasi.

5)     Spatial data management

·        Representasi spasial dalam bentuk peta.

·        Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS).

·        Contoh:ArcView GISdari ESRI, Inc.

6)     Computer-aided design (CAD)

·        Untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang.

·        Aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan karena objek yang diinginkan dapat dimanipulasi secara langsung.

·        Berhubungan: Computer-Aided Manufacturing (CAM).

7)     Office automation

·        Sistem office automation dewasa ini menggunakan prinsip-prinsip manipulasi langsung.

·        Contoh: GUI:Windows,Mac OS

Kelebihan manipulasi langsung:

1.      Kompabilitas kendali dan tampilan

2.      Lebih sedikit sintaks, dan tingkat kesalahan lebih rendah

3.      Lebih banyak pencegahan kesalahan

4.      Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat

5.      Mendorong penjelajahan

Kekurangan manipulasi langsung:

1.      Memakan lebih banyak sumber daya system

2.      Beberapa aksi menyusahkan

3.      Teknik makro sering lemah

4.      Sulit dicatat dan ditelusuri

5.      Sulit digunakan oleh user yang penglihatannya terganggu

Sifat-sifat manipulasi langsung yang menguntungkan:

1.      Pemula dapat belajar dengan cepat.

2.      Ahli dapat bekerja dengan cepat.

3.      Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.

4.      Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.

5.      Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.

6.      Lebih sedikit ketegangan.

7.      Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.

Masalah-masalah manipulasi langsung:

1.      Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.

2.      Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.

3.      Representasi visual dapat menyesatkan.

4.      Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Referensi:

Direct Manipulation – IMK (ilearning.me)

Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya. Interaksi Manusia dan Komputer Sesi 5 - PDF Free Download (adoc.pub)

Comments

Popular posts from this blog

IMK: Antarmuka Berbasis Menu

IMK: Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi

IMK: Kebergunaan (Usability)