IMK: Manipulasi Langsung
Manipulasi langsung yaitu penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan untruksi langsung yang ada pada layer komputer.
Manipulasi langsung (direct manipulation) mengacu pada sistem
yang mengunakan Ikon untuk merepresentasikan obyek, yang bisa digerakkan di
layar melalui kursor yang dikendalikan melalui mouse.
Ciri dari manipulasi langsung:
1.
Representasi visual
(metafora) dari dunia aksi
·
Objek dan aksi
terlihat
·
Mengundang pemikiran
analogis
2.
Aksi yang
cepat, inkremental, dan dapat dibatalkan
3.
Mengeik diganti
dengan menunjuk dan memilih
4.
Hasil aksi
terlihat langsung
Beberapa contoh
manipulasi langsung, diantaranya:
1)
Word processor vs command-line vs display editor
·
Pada 1980-an,
mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris.
·
Dengan display
editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
·
Awal 1990-an, word
processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan.
·
Beberapa
kelebihan WYSIWYG word processor:
o
Menampilkan
sehalaman penuh teks.
o
Menampilkan
dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
o
Menampilkan aksi
kursor yang terlihat.
o
Mengendalikan
kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif
o
Menggunakan ikon
berlabel.
o
Menampilkan hasil
aksi segera.
o
Memberikan
respons dan tampilan yang cepat.
o
Memungkinkan aksi
dibatalkan.
2)
Spreasheet
·
Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk
kolom dan baris.
·
Mendukung formula, makro, dan grafik
·
Contoh: VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.
3)
Video games dan GUI
·
Bidang aksi visual yang membangkitkan minat.
·
Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat.
·
Game komersial pertama:Pong(Atari).
·
Kini berkembang pada PC maupun mesin game seperti Sony Playstation,
bahkan handphone.
4)
Control process
Contoh:
Kita lihat dalam sebagian proses produksi mobilmenggunakan bantuan lengan
lengan robot.Sedikitperan manusa disitu. Di bagian lain ada robot
untukpengecatan body mobil, pengelasan, untukmemindahkan satu kerangka mobil ke
tempatproduksi lain menggunakan Conveyor yang jugaotomatis. Semua itu gambaran
Otomatisasi Industriyang menjadi lahan pekerjaan seorang SarjanaTeknik Otomasi.
5)
Spatial data management
·
Representasi spasial dalam bentuk peta.
·
Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS).
·
Contoh:ArcView GISdari ESRI, Inc.
6)
Computer-aided design (CAD)
·
Untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat
terbang.
·
Aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan karena objek yang diinginkan
dapat dimanipulasi secara langsung.
·
Berhubungan: Computer-Aided Manufacturing (CAM).
7)
Office automation
·
Sistem office automation dewasa ini menggunakan prinsip-prinsip
manipulasi langsung.
·
Contoh: GUI:Windows,Mac OS
Kelebihan manipulasi
langsung:
1.
Kompabilitas kendali dan tampilan
2.
Lebih sedikit sintaks, dan tingkat kesalahan lebih rendah
3.
Lebih banyak pencegahan kesalahan
4.
Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat
5.
Mendorong penjelajahan
Kekurangan manipulasi
langsung:
1.
Memakan lebih banyak sumber daya system
2.
Beberapa aksi menyusahkan
3.
Teknik makro sering lemah
4.
Sulit dicatat dan ditelusuri
5.
Sulit digunakan oleh user yang penglihatannya terganggu
Sifat-sifat manipulasi
langsung yang menguntungkan:
1.
Pemula dapat belajar dengan cepat.
2.
Ahli dapat bekerja dengan cepat.
3.
Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
4.
Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
5.
Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
6.
Lebih sedikit ketegangan.
7.
Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.
Masalah-masalah
manipulasi langsung:
1.
Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
2.
Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
3.
Representasi visual dapat menyesatkan.
4.
Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.
Referensi:
Direct
Manipulation – IMK (ilearning.me)
Comments
Post a Comment